Perbedaan VPS, VDS dan Shared Hosting



Banyak referensi yang bias didapatkan tentang apa itu VPS, tepapi sebagai newbie saya ingin berbagi saja mengenai beberapa informasi tentang VPS, VDS dan Shared Hosting.

VPS / VDS adalah sebuah physical server yang dibagi menjadi beberapa virtual private server. Setiap VPS terlihat dan bekerja seperti sebuah server sistem yang sebenarnya, lengkap dengan pengaturan sendiri untuk init script, users, pemrosesan, filesystem, dan lain-lain.

Istilah

VPS : Virtual Private Server
VDS : Virtual Dedicated Server

Virtual Private Server (VPS) juga dikenal dengan Virtual Dedicated Server (VDS), adalah suatu teknologi yang memungkinkan sebuah komputer (server) dengan kapasitas resource hardware yang sangat besar dapat dibagi-bagi menjadi beberapa virtual komputer yang mandiri. Virtual komputer tersebut secara fisik tidak terhubung langsung dengan hardware yang digunakan. Pengguna virtual komputer dapat menginstal sistem operasi (OS)-nya sendiri (atau biasa yang disebut template) serta dapat mengkustomisasi virtual komputernya tanpa mengganggu virtual komputer yang lain.

Pembagian resource ini menggunakan teknologi virtualisasi yang biasa dikenal dengan Virtual Machine (VM Ware) pada OS Windows atau Solus Virtual Manager (SolusVM) pada OS Linux. Teknologi virtualisasi yang sering dipakai diantaranya, OpenVZ (Virtuozzo), XEN, KVM, VM Ware (Windows).

Singkatnya, vps merupakan beberapa operating sistem yang berjalan di atas satu operating sistem induk (host node) dan berada pada satu hardware yang sama.

++++++++++++++++++++++
| HARDWARE |
++++++++++++++++++++++
| HOST NODE (Server Inti) |
++++++++++++++++++++++
| [VPS1] | [VPS2] | [VPSX] |
++++++++++++++++++++++


Perbandingan antara VPS dan Dedicated Server?


Keuntungan VPS :


Dari sisi harga dedicated server jauh lebih mahal dibanding VPS
Sebuah VPS berfungsi hampir sama seperti dedicated server

Kekurangan VPS :


Mempunyai batasan dalam hal space, bandwidth dan memory karena dalam satu server dibagi-bagi, sedangkan dedicated server bisa menggunakan seluruh resource penuh dalam satu server

Perbandingan antara VPS dan Shared Hosting?


Keuntungan VPS :


Tidak ada batasan hak akses karena mempunyai akses root yang setara dengan dedicated server
Tidak ada batasan jumlah site, jumlah domain, database, DNS, SSH, FTP, email, dll. VPS hanya terbatas pada memory, resouce space dan bandwidth
Dapat melakukan manage firewall atau akses kontrol sesuai kebutuhan
Dapat melakukan install software dan aplikasi sesuai kebutuhan
Kinerja salah satu VPS tidak akan terpengaruh walau dalam satu server ada yang menggunakan resource banyak

Kekurangan VPS :


VPS lebih mahal dibanding shared hosting jika dilihat dari sisi harga dan bila anda hanya host satu website saja.

Nah.. itu kira-kira penjelasan tentang VPS, VDS dan Shared Hosting.

Comments

Post a Comment